Inginkan Keinginan

Ada 0 Komentar

Inginkan Keinginan

Ada tempat-tempat tertentu yang akan kamu kunjungi lebih dari sekali. Dengan alasan yang sama atau berbeda. Direncanakan atau tidak. Barangkali takdir  berjalan melingkar.

Dan ada juga tempat yang selalu ingin kamu kunjungi berulang kali, namun sempat tidak memberimu pilihan melakukannya. Ingin itu hanya beku batu di kepala. Dan kamu mencipta semesta atas yang ingin kamu kunjungi itu dipikiranmu, yang kemudian dinamai khayalan.

Namun, keinginan yang kuat bisa menggerakkan banyak hal untuk membantu kita mewujudkannya. Saya acap mengalaminya, dulu ketika orang-orang di kampung saya gencar ke Malaysia menjadi TKI, saya ingin mengunjungi negara itu--sekadar jalan-jalan, dan berpuluh tahun lalu keinginan itu terwujud.

Saya kira, keinginan dan harapan adalah doa sesungguhnya. Malam ini, entah ketika berkunjung ke rumah ini pertama kalinya, barangkali saya pernah menanam keinginan untuk mengunjunginya lagi, entah dengan alasan apa, dengan rencana apa. Dan malam ini kembali terwujud, saya kembali ke Pinrang dan kembali pula ke rumah panggung ini.

Kamu, tentu saja tidak pernah salah jika membiak ingin untuk kembali ke mantanmu, barangkali saya adalah salah satunya. Dan kamu akan sadari selalu ada tempat yang bisa kamu kunjungi lebih dari satu kali. Dan saya tidak pernah menolak jika kamu mengunjungi pelukku berulang-ulang kali. Jika tidak percaya, kamu boleh mencobanya.

Pelihara saja keinginan, dan juga harapanmu sebab keduanya adalah doa sesungguhnya.

Pinrang, 1/3/2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Google+

Isi Blog